RENCANA KERJA TRIWULAN
RENCANA KERJA TRIWULAN
PENGENDALIAN MUTU PROGRAM
PAUD
DAN PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN
TAHUN 2016
NAMA :
Dra. TITIN WARTINI, MM
NIP :
196407011986032011
PANGKAT/GOL. RUANG :
Pembina TK I/IV.b
JABATAN :
PENILIK
UNIT KERJA :
SUDIN PENDIDIKAN WILAYAH I
KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR
KECAMATAN DUREN SAWIT
PEMERINTAH DKI JAKARTA
SUDIN PENDIDIKAN
WILAYAH I KOTA
ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan hak semua orang. Pendidikan dilaksanakan melalui tigajalur yaitu
jalur pendidikan formal, nonformaldaninfomal. Di tingkat kabupaten/kota pengawasan
dan pembinaannya berada di bawah Kepala Bidang Pendidikan Non Formal dan
Informal Dinas Pendidikan. Dan petugas teknis di lapangan adalah Penilik.
Penilik berhadapan langsung, baik dengan penyelenggara, tutor maupun
masyarakat. Dan memiliki tugas pokok mengendalikan mutu dan mengevalusi dampak
programnya. Oleh karena itu, perlu disusun rencana kerja kegiatan triwulan yang
sistematis, terarah dan terukur.
Rencana kerja triwulan disusun berdasar pada rencana kerja tahunan.
Dan rencanakerja triwulan berisi
rencana kegiatan selama kurun waktu tiga bulan, tetapi uraian waktu
pelaksanaannya lebih jelas. Dengan demikian Penilik dapat melaksanakan tugas
secara baik, lancar, terukur dan profesional.
B.
DASAR
1. Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional;
2. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian (Lembaran Negara
Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 55, Tambahan Lembaran Negara Republik
Indonesia Nomor 3041), sebagai mana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 169, TambahanLembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 3890);
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor
46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil
4.
Peraturan
Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan;
5.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara
dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Penilik
dan Angka Kreditnya;
6. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala
Badan Kepegawaian Negara Nomor 02/III/PB/2011, No 7 Tahun 2011, tentang
Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 49 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan Non
Formal;
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia No 38 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penilik
dan Angka Kreditnya;
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini;
C.
TUJUAN
1.
TujuanUmum:
Memberikana cuan/arah
pelaksanaan pengendalian mutu dan evaluasi dampak program PAUD dan PNF dalam
kurun waktu tiga bulan di wilayah Kecamatan Duren Sawit SUDIN Pendidikan Kota Administrasi Jakarta Timur
2.
Tujuan Khusus:
a.
Sebagai pegangan
Penilik dalam melaksanakan tugas kepenilikan di wilayah yang menjadi binaannya.
b.
Sebagai dasar
untuk mengevaluasi dampak program PAUD dan PNF yang terjadi di masyarakat
sekitar.
c.
Sebagai bahan evaluasi
kegiatan kepenilikan pada penyusunan rencana kerja triwulan berikutnya.
D. HASIL YANG DIHARAPKAN
Setelah tersusunnya rencana kerja triwulan diharapkan :
1.
Penilik dapat
melaksanakan tugas kepeniliknnya dengan optimal sesuai program yang telah
ditetapkan yaitu melakukan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak
program PAUD dan PNF secara profesional.
2.
Memperoleh
kepastian hasil kepenilikan program PAUD dan
PNF yang berkualitas, teratur dan terukur sesuai dengan Standar Pendidikan Nasional.
3.
Mengetahui
faktor kelebihan dan kekurangan di setiap kegiatan PAUD dan PNF, sehingga dapat
mengendalikan kualitasnya.
4.
Penilik dapat
melaksanakan kegiatan kepenilikan tahap demi tahap sesuai prosedur kerja yang
telah ditetapkan.
BAB II
PELAKSANAAN
E. SASARAN
:
1. Sasaran lembaga binaan :
a.
PAUD Kelompok
Bermain.
b.
PAUD Taman
Penitipan Anak.
c.
PAUD Satuan Pendidikan
Sejenis.
d.
PKBM
2. Sasaran program kegiatan :
a.
Administrasi
Lembaga PAUD dan PKBM
b.
Delapan standar
Pendidikan Nasional Terkait PAUD dan Pendidikan Kesetaraan yaitu :
1)
Setandar Tingkat
Pencapaia Perkembangan Anak/Standar Kelulusan (SKL)
2)
Setandar Isi
3)
Setandar Proses
4)
Setandar
Pendidik dan Kepdndidikan
5)
Setandar Saranda
dan Prasarana
6)
Setandar
Pengelolaan
7)
Setandar
Pembiayaan
8)
Setandar
Penilaian
F.
METODE
Metode yang digunakan dalam kegiatan kepenilikan :
1.
Ceramah, 6. Penugasan,
2.
Diskusi, 7. Pengumpulan data,
3.
Tanya jawab, 8. Penyusunan data
4.
Obsevasi, 9. Analisis data, dan
5.
Angket 10.
Dokumentasi.
G. WAKTU
DAN TEMPAT PELAKSANAAN
1.
Waktupelaksanaan:
a.
Triwulan 1 bulan
Januari s.d. bulan Maret tahun 2016
b.
Triwulan 2
bulan April s.d. bulan
Juni tahun 2016
c.
Triwulan 3
bulan Juli s.d. bulan september tahu 2016
d.
Triwulan 4 bulan
Oktober s.d. bulan Desember tahun 2016
2.
Tempat
Pelaksanaan
Lembaga PAUD dan PKBM yang menjadi daerah binaan Penilik
di wilayah Kecamatan Duren Sawit Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Timur
H. LANGKAH KEGIATAN
Langkah kegiatan penyusunan rencana
kerja triwulan adalah :
1.
Mempelajari dan
mencermati rencana kerja tahunan yang telah dibuat bersama di tingkat
kabupaten/kota.
2.
Rencana kerja
tahunan tersebut dibagi menjadi empat kelompok atau dibagi pertiga bulanan,
artinya tiap kelompok berdurasi waktu tiga bulan.
3.
Masing-masing
kelompok durasi waktunya diurai lebih rinci lagi, artinya waktu per bulan di
jabarkan lagi menjadi waktu per minggu. Sehinga butir kegiatan yang akan dilaksanakan
oleh Penilik, alokasi waktunya terlihat lebih jelas dalam bentuk matrik
kegiatan.
BAB III
P E N U
T U P
A. KESIMPULAN
Perencanaan merupakan aspek yang penting dalam kerangka sistem
manajemen kepenilikan program PAUD dan
PNF, karena perencanaan merupakan gambaran arah tentang apa
yang harus dilakukan, di mana, kapan, oleh siapa, untuk siapa, dan bagaimana cara
melaksanakan kegiatan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Dengan
tersusunnya rencana kegiatan ttriwulan kepenilikan ini, dapat memberikan arah
tujuan yang jelas bagi Penilik dalam melaksanakan tugas pengendalian mutu dan
evaluasi dampak program PAUD dan PNF.
.
1.
Penilik sebagai
pelaksana dan pembina teknis fungsional, perlu membuat rencana kerja triwulan,
karena merupakan pegangan dalam melaksanakan tugas.
2.
Penilik selalu
mengadakan monitoring dan evaluasi terhadap lembaga/program PAUD dan PKBM yang
menjadi binaannya.
3.
Penilik supaya
memahami dan melaksanakan kegiatan pengendalian mutu dan evaluasi dampak
program PAUD dan PNF secara luas dan menyeluruh.
DATA LEMBAGA PAUD NON FORMAL TAHUN 2016
KECAMATAN DUREN SAWIT KOTA ADMINISTRASI
JAKARTA TIMUR
No
|
Lembaga
|
Alamat
|
Jenis Layanan
|
Jumlah
|
Ket
|
|||
KB
|
TPA
|
SPS
|
Anak
|
PTK
|
|
|||
1
|
PAUD NUSA INDAH
|
Swadaya VII No. 47 RT.02/01 Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
2
|
PAUD SRIKANDI
|
Cilungup Indah RT. 04/02 Kel. Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
3
|
PAUD KASIH IBU RW 03
|
Naga Raya No. 50 RT. 05/03
|
|
|
|
|
|
|
4
|
PAUD HARAPAN BUNDA
|
Jl. Kelurahan I RT. 01/04
|
|
|
|
|
|
|
5
|
PAUD TUNAS HARAPAN
|
Jl. Sadaya RT. 03/054
|
|
|
|
|
|
|
6
|
PAUD CAHAYA MELATI
|
Jl. H. Sidin II RT. 03/07
|
|
|
|
|
|
|
7
|
PAUD CAHAYA HATI
|
Gedung Serbaguna PTB RW. 08
|
|
|
|
|
|
|
8
|
PAUD KASIH IBU RW 09
|
Jl. Angklung RT. 05/09
|
|
|
|
|
|
|
10
|
PAUD TERATAI
|
Perumahan Duren Sawit Baru Blok A9/37 RT. 07/11
|
|
|
|
|
|
|
11
|
PAUD SRIKANDI
|
Jl. Tegal Abang RT. 02/13 Kel. Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
12
|
PAUD KASIH IBU RW. 014
|
Jl. Pendidikan Raya III RT. 03/14 Komplek IKIP
|
|
|
|
|
|
|
13
|
PAUD SARUNI RW 016
|
Jl. Taman Duren Sawit Blok A2/8 RT. 08/16
|
|
|
|
|
|
|
14
|
PAUD MAWAR RW 10
|
Jl. Madrasah II RT. 09/10 Kel. Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
15
|
PAUD ARIMBI
|
Jl. Antasena RT. 06/06 No. 3A Kel. Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
16
|
PAUD DAHLIA CERIA
|
Jl. Tepih RT. 05/15 Kel. Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
17
|
TAMAN DAARUD FALAH AMNATSIAH
|
Jl. Masjid Jamie Al-Falah RT. 04/05
|
|
|
|
|
|
|
18
|
PAUD FAJAR ANANDA
|
Perumahan Duren Sawit Baru Blok A7 No. 11
|
|
|
|
|
|
|
19
|
PAUD MAWAR CERIA RW 02
|
Jl. Madrasah II Duren Sawit
|
|
|
|
|
|
|
20
|
BKB PAUD DAHLIA
|
Jl. Belai Rakyat 111 RT. 01/01
|
|
|
|
|
|
|
21
|
PAUD PERMATA BIRU
|
Cipinang Muara 2 RT. 05/02 No. 24
|
|
|
|
|
|
|
22
|
BKB PAUD SEKAR MELATI
|
Cipinang Muara 2 RT. 07/02
|
|
|
|
|
|
|
23
|
BKB PAUD SARUNI
|
Jl. Pahlawan Revolusi Gang Setia Warga RT. 07/04
|
|
|
|
|
|
|
24
|
BKB PAUD SEJATI
|
Jl. Kanwil Tj Priok No IB RT. 006/05
|
|
|
|
|
|
|
25
|
BKB PAUD TUNAS HARAPAN
|
Jl. Ujung Rbambu Duri RT. 014/06
|
|
|
|
|
|
|
26
|
BKB PAUD BINTANG
|
Jl. Masjid Al Wustho RT. 09/07
|
|
|
|
|
|
|
27
|
BKB PAUD ASRI
|
Jl. Melati Bahkti RT. 013/09
|
|
|
|
|
|
|
28
|
PKB PAUD WIJAYA KUSUMA
|
Jl. Bambu Apus Raya
|
|
|
|
|
|
|
29
|
BKB PAUD PELANGI
|
Jl. Tutul 2 RT. 06/11
|
|
|
|
|
|
|
30
|
BKB PAUD RAFIESIA
|
Pondok Bambu Bates
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Lembaga
|
Alamat
|
Jenis Layanan
|
Jumlah
|
Ket
|
|||
KB
|
TPA
|
SPS
|
Anak
|
PTK
|
||||
31
|
BKB PAUD MAWAR CARIAH
|
Jl. Madrasah 2
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
Disyahkan oleh :
Kasi PAUD DAN PNF dan DIKMAS
Sudin Pendidikan Wilayah I Kota
Administrasi Jakarta Timur
NENI NURHAYANI
NIP. 196808011995032004
|
Jakarta
Timur, ...................2016
Penilik
Dra. TITIN WARTINI, MM
NIP. 196407011986032011
|
DATA LEMBAGA PUSET KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM)
TAHUN 2016
KECAMATAN DUREN SAWIT KOTA ADMINISTRASI
JAKARTA TIMUR
No
|
Nama PKBM
|
Nama Ketua PKBM
|
Alamat
|
Program Layanan
|
Jumlah WB
|
Keterangan
|
1
|
FARADIKA
|
ANEKE FANIARTI SAGITA
|
Jl. Cipinang Kebembem V No. 32 RT. 012
RW.12320
|
PAKET A
|
|
|
PAKET B
|
|
|||||
PAKET C
|
|
|||||
2
|
MIFTAHUL JANNAH
|
HJ. RIA ASRUL
|
Jl. H. Mugeni III No. 1 RT. 001 RW. 06
|
PAKET A
|
|
|
PAKET B
|
|
|||||
PAKET C
|
|
Disyahkan oleh :
Kasi PAUD DAN PNF dan DIKMAS
Sudin Pendidikan Wilayah I Kota
Administrasi Jakarta Timur
NENI NURHAYANI
NIP. 196808011995032004
|
Jakarta
Timur, ...................2016
Penilik
Dra. TITIN WARTINI, MM
NIP. 196407011986032011
|
Komentar
Posting Komentar